Ustadz-Ustadz Akhir Zaman


Diantara tanda dekatnya "hari akhir" adalah munculnya ustadz-ustadz "akhir zaman"

(Oleh: Ustadz Dr. Musyaffa Ad-Dariny)

=====================

Fenomena munculnya ustadz-ustadz "akhir zaman" ini, sebenarnya sangat merugikan Islam dan kaum muslimin. Berikut beberapa alasannya:

a. Mereka tidak peduli dengan sumber dalil yg kuat. Apapun dipakai dalil oleh mereka, selama sesuai dengan cok-galicoknya.

- hadits² lemah, bahkan palsu dipakai sbg dalil
- cerita teman, dipakai sbg dalil
- bahkan kata orang yahudi, dipakai jg sebagai dalil

b. Mereka memaknai hadits dengan seenaknya. Sehingga banyak hadits yg dipelintir dan dipaksakan, agar menunjukkan bahwa peristiwa tertentu yg terjadi akhir-akhir ini adalah peristiwa yg dimaksud Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dalam haditsnya.

- Ini sangat berbahaya bagi ustadz-ustadz tersebut, karena bisa saja masuk ke dalam tindakan berdusta atas nama Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam
- Ini juga berbahaya bagi pendengar, karena mereka akan mengira mendapatkan kebenaran padahal itu kebatilan
- Dan ini juga akan mencoreng nama Islam, karena akan banyak prediksi-prediksi yg tidak sesuai dengan fakta. Sehingga banyak orang menuduh Islam telah mengabarkan hal-hal yg salah. Padahal yg salah adalah pemahaman orang yg menyampaikannya.

c. Akan banyak orang yg tertipu dengan perkataan mereka, dan mengeluarkan materi yg tidak sedikit karenanya dan nantinya mereka akan merasa dirugikan oleh Islam.

Seperti, ajakan utk hidup di gunung karena dajjal katanya akan masuk ke kota-kota saja, tdk akan masuk ke desa-desa. Sehingga dia mengajak manusia utk bersiap-siap beli tanah di gunung dan segera bangun, kemudian dia yg akan mengelola dengan alasan agar rumah itu terjaga dengan baik dan dipakai utk kebaikan.

Tentu yg seperti ini adalah pemahaman yang aneh dan tidak pernah dipahami oleh para ulama generasi salaf. Para ulama salaf juga meyakini dekatnya kiamat, tapi tidak melakukan apa yang mereka lakukan.

Ustad-ustadz "akhir zaman" ini seakan-akan ingin agar kiamat segera terjadi, sehingga hal-hal yg terjadi saat ini harus dihubung-hubungkan dengan tanda datangnya kiamat, disertai dengan menyebutkan dalil-dalil yg dipaksakan. wallahul musta'an.

Sungguh, jika bukan karena kesadaran wajibnya amar ma'ruf nahi munkar, maka tulisan ini tidak akan ada.

Saudaraku kaum muslimin yg saya cintai karena Allah. Hati-hatilah dalam mengambil ilmu agama. Agar kita selamat. Selamat dunia kita dan juga akhirat kita.

Komentar

Postingan Populer